Daftar team yang akan berlaga di liga champions eropa

by sherwilling93

Shakhtar Donetsk

Shakhtar Donetsk

Kompetisi kompetisi di Eropa telah selesai, ini menandakan sudah ada daftar team bola yang akan mengikuti kejuaraan Eropa baik itu Liga Champions atau pun Liga Europa. Dengan 22 team yang sudah pasti berlaga di fase grup Liga Champions dan 54 team harus berjuang di berbagai babak kualifikasi dengan rincian 5 babak play-off kualifikasi liga, 10 babak ketiga kualifikasi liga, 3 babak ketiga kualifikasi juara, 32 babak kedua kualifikasi juara dan 4 babak pertama kualifikasi juara.

Sebanyak 22 team yang akan berlaga di Liga Champions fase grup, daftar team sesuai urutan koefisien adalah Bayern München, Barcelona, Chelsea, Real Madrid, Manchester United, FC Porto, SL Benfica, Atlético Madrid, Shakhtar Donetsk, Olympique Marseille, CSKA Moksva, Paris Saint-Germain, Juventus, Manchester City, Ajax, Borussia Dortmund, Olympiacos, Galatasaray, Bayer 04 Leverkusen, FC København, Napoli, RSC Anderlecht.

Team bola yang akan mengikuti kualifikasi dari dua jenis kualifikasi, yaitu kualifikasi liga dan kualifikasi juara. Untuk yang mengikuti berdasarkan kualifikasi liga yaitu melewati kualifikasi ketiga dan play-off. Untuk yang melewati kualifikasi juara maka akan melalui babak kualifikasi pertama, kedua, ketiga dan setelah itu play-off.
Dari kualifikasi liga yang langsung lolos ke fase play-off berdasarkan urutan koefisien adalah Arsenal, AC Milan, FC Schalke 04, Real Sociedad, FC Paços de Ferreira. Dan yang harus melewati babak ketiga kualifikasi liga sesuai urutan koefisien adalah Olympique Lyonnais, Zenit St Petersburg, PSV Eindhoven, Metalist Kharkiv, Fenerbahçe, PAOK, Salzburg, Nordsjælland, Grasshopper, dan FC Zulte Waregem.

Dan team bola yang akan melalui babak kualifikasi juara di fase ketiga sesuai urutan koefisien adalah adalah FC Basel 1893, APOEL FC, dan FK Austria Wien. Untuk yang melewati fase kedua sesuai urutan koefisien yaitu BATE Borisov, Celtic FC, Steaua Bucureşti, Viktoria Plzeň, GNK Dinamo Zagreb, FK Partizan, Legia Warszawa, FC Sheriff, NK Maribor, ŠK Slovan Bratislava, Elfsborg, Maccabi Tel-Aviv, Molde FK, HJK Helsinki, FK Ekranas, Neftçi PFK, FC Dinamo Tbilisi, FK Željezničar, FH Hafnarfjördur, Győri ETO FC, The New Saints FC, PFC Ludogorets Razgrad, Sligo Rovers FC, Shakhter Karagandy, KS Skënderbeu, Birkirkara FC, FK Vardar, Cliftonville FC, FC Daugava Daugavpils, FK Sutjeska, JK Nõmme Kalju, CS Fola Esch. Dan untuk empat team yang harus fase pertama babak kualifikasi adalah EB/Streymur, SP Tre Penne, FC Lusitans, FC Shirak.

Untuk team yang melalui fase kualifikasi juara sistemnya adalah team dari babak kualifikasi pertama akan lolos ke kualifikasi kedua. Pada kualifikasi kedua ada 34 team yang akan memperebutkan 17 tiket ke babak kualifikasi ketiga sehingga pada babak kualifikasi ketiga terdapat 20 team yang akan memperebutkan 10 tempat di babak play-off dan 5 pemenang babak play-off akan mendapatkan tiket ke babak grup.

Untuk yang melalui fase kualifikasi liga ada 10 team yang akan berlaga di kualifikasi ketiga dan memperebutkan 5 tiket ke babak play-off. Setelah itu di babak play-off mereka akan bertanding melawan team yang memang langsung lolos di babak play-off. Saat di play-off mereka akan memperebutkan 5 tiket untuk masuk ke babak grup Liga Champions Eropa. Di babak grup team bola akan di bagi ke dalam 8 grup, dan diundi berdasarkan 4 jenis dengan koefisien yang berbeda.